PKT-2

PKT-2/Project Work

Berkarya dan Berinovasi

PKT-2 (Praktik Kimia Terpadu-2) atau disebut juga Project Work adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun di SMK - SMAK Bogor. PKT-2 adalah salah satu mata pelajaran yang masuk di dalam struktur kurikulum SMK-SMAK Bogor untuk kelas XIII di semester gasal. PKT-2 merupakan serangkaian kegiatan yang berlangsung selama satu semester. Rangkaian kegiatan PKT-2 dimulai dengan pembuatan proposal, pelaksanaan project work, pembuatan makalah, seminar dan ditutup dengan pembuatan laporan.

Project Work yang dikerjakan siswa dalam kegiatan PKT-2 adalah pembuatan produk-produk inovatif berdasarkan salah satu rubrik yang telah ditentukan, yakni makanan, minuman, farmasi, manufaktur, kosmetik dan lingkungan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melatih siswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya selama kurang lebih 3 tahun belajar di SMAKBo. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini dibuktikan dengan produk-produk inovatif yang tercipta dari siswa-siswi SMAKBo.

Selama melaksanakan kegiatan PKT-2, siswa kelas XIII terbagi ke dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan 3-4 siswa. Setiap kelompok melaksanakan project work sesuai rubrik yang ditentukan panitia secara acak. Selama melaksanakan project work, setiap kelompok didampingi dan dibimbing oleh 1 orang guru pembimbing teori. Selain itu, saat mengerjakan pekerjaan di laboratorium siswa juga dibimbing oleh tim pembimbing praktik.

Di akhir kegiatan PKT-2, setiap kelompok diharuskan membuat makalah dari project work yang telah dilakukan. Lalu, mereka mempresentasikan karya dan hasil inovasinya dalam sebuah seminar PKT-2. Seminar ini dihadiri oleh audiens yang terdiri dari teman-teman seangkatan dan pengamat yang merupakan pembimbing PKT-2. Selama sesi seminar, para audiens siswa saling tanya-jawab dan bertukar ilmu dengan kelompok penyaji mengenai project work yang telah dilakukan oleh kelompok penyaji. Peran pengamat di dalam seminar PKT-2 adalah mengamati jalannya seminar, memberi pesan dan kesan terhadap jalannya seminar, mengarahkan dan meluruskan informasi yang kurang tepat serta memberi nilai kepada kelompok penyaji. Setelah seminar, setiap kelompok diwajibkan untuk membuat laporan PKT-2.